SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Sekolah
|
SMK Ma’arif NU Suradadi, Tegal
|
|
Kelas/ Program
|
XI/
Akutansi
|
|
Tahun
|
2014
|
|
Tugas Perkembangan
|
Mencapai kematangan dalam
pilihan karir.
|
|
Rumusan Kompetensi
|
1.
Mempelajari
keunikan diri dalam konteks kehidupan sosial.
2.
Menerima
keunikan diri dengan segala kelebihan dan kekuranganya.
3.
Menampilkan
keunikan diri secara harmonis dalam keragaman.
|
|
Standar Kompetensi
|
Mengetahui tentang potensi, bakat,
dan minat siswa.
|
|
Kompetensi Dasar
|
Pemahaman diri tentang bakat,
minat dan sita-cita siswa.
|
|
Indikator
|
Agar siswa dapat mengetahui dan
memahami keadaan dan potensi yang ada dalam dirinya.
|
|
A.
|
Topik permasalahan
|
P pemahaman Diri
|
B.
|
Bidang Bimbingan
|
Karir
|
C.
|
Jenis Layanan
|
Konseling perorangan
|
D.
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman dan pengembangan
|
E.
|
Tujuan Layanan
|
1.
Siswa
dapat mengetahui kemampuan, bakat, minat yang dimiliki.
2.
Mengetahui
kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri siswa.
3.
Merealisasikan
rencana masa depan.
|
F.
|
Sasaran Layanan
|
Siswa kelas XI Akutansi 2
|
G.
|
Uraian Kegiatan
a.
Strategi
Penyajian
b.
Materi
|
.,
diskusi, tanya jawab
Pemahaman
diri adalah pengenalan secara
mendalam atas potensi-potensi diri individu yang mencakup ranah minat,bakat
dan cita-citanya. Pemahaman ini bertujuan agar siswa mampu
mengeksplorasi potensi diri mereka untuk merealisasikan cita-citanya di masa
depan.
|
H.
|
Tempat Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas
|
I.
|
Waktu
|
2 x45 menit
|
J.
|
Penyelenggara Layanan
|
Kholipatul Atiq
|
K.
|
Setting dan Pengalaman Belajar
a.
Guru BK
b.
Siswa
|
1.
Pendahuluan
a)
Mengucapkan
salam, menanyakan kabar
b)
Memberikan
apersepsi.
c)
Mengabsen
siswa.
d)
Menyampaikan
tujuan pemberian layanan.
2.
Kegiatan
Inti
a) Menyampaikan
atau menjelaskan materi layanan.
b) Tanya
jawab tentang materi yang telah disampaikan.
3. Penutup
a) Memberi
penguatan kepada siswa.
b) Memberikan
tugas kepada siswa untuk memberi kesimpulan tentang materi yang sudah
diberikan kemudian barulah disimpulkan secara bersama-sama.
c) Berdoa dan
mengucapkan salam.
1) Memperhatikan
materi yang disampaikan.
2) Bertanya
dan menjawab pertanyaan.
3) Mengerjakan
tugas.
|
L.
|
Pihak Yang Disertakan
|
-
|
M.
|
Alat dan Perlengkapan
|
1)
Sepidol
2)
Materi
layanan
|
N.
|
Rencana Penilaian
|
|
O.
|
a.
Penilaian
Proses
b.
Penilaian
Hasil
|
1) Mengamati
aktifitas siswa dan partisipasi siswa dalam kegiatan layanan bimbingan.
2) Menganalisis
perkembangan peserta didik setelah pemberian layanan dari waktu ke waktu.
Menganalisis perkembangan peserta
didik setelah pemberian layanan dari waktu ke waktu.
|
P.
|
Keterkaitan
layanan dengan kegiatan pendukung
|
IKMS, Buku Pribadi Siswa
|
Q.
|
Rencana Tindak Lanjut
|
Konseling
indifidu, Bimbingan Kelompok
|
Tegal, Februari 2014
Mengetahui
Guru
Pembimbing
Kholipatul Atiq
NPM.1111500201
Tidak ada komentar:
Posting Komentar