Senin, 10 Februari 2014

layanan BK


SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Sekolah
SMK Ma’arif NU Suradadi, Tegal
Kelas/ Program
XI/ Akutansi
Tahun
2014
Tugas Perkembangan
Mencapai kematangan dalam pilihan karir.
Rumusan Kompetensi
1.   Mempelajari keunikan diri dalam konteks kehidupan sosial.
2.   Menerima keunikan diri dengan segala kelebihan dan kekuranganya.
3.   Menampilkan keunikan diri secara harmonis dalam keragaman.
Standar Kompetensi
Mengetahui tentang potensi, bakat, dan minat siswa.
Kompetensi Dasar
Pemahaman diri tentang bakat, minat dan sita-cita siswa.
Indikator
Agar siswa dapat mengetahui dan memahami keadaan dan potensi yang ada dalam dirinya.
A.     
Topik permasalahan
  P pemahaman Diri
B.      
Bidang Bimbingan
 Karir
C.      
Jenis Layanan
Konseling perorangan
D.     
Fungsi Layanan
Pemahaman dan pengembangan
E.      
Tujuan Layanan
1.     Siswa dapat mengetahui kemampuan, bakat, minat yang dimiliki.
2.     Mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri siswa.
3.     Merealisasikan rencana masa depan.
F.       
Sasaran Layanan
Siswa kelas XI Akutansi 2
G.     
Uraian Kegiatan
a.     Strategi Penyajian
b.     Materi
., diskusi, tanya jawab
Pemahaman diri adalah pengenalan secara mendalam atas potensi-potensi diri individu yang mencakup ranah minat,bakat dan cita-citanya. Pemahaman ini bertujuan agar siswa mampu mengeksplorasi potensi diri mereka untuk merealisasikan cita-citanya di masa depan.
H.     
Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas
I.        
Waktu
2 x45 menit
J.        
Penyelenggara Layanan
Kholipatul Atiq
K.     
Setting dan Pengalaman Belajar
a.    Guru BK


















b.    Siswa

1.    Pendahuluan
a)      Mengucapkan salam, menanyakan kabar
b)      Memberikan apersepsi.
c)      Mengabsen siswa.
d)     Menyampaikan tujuan pemberian layanan.

2.    Kegiatan Inti
a)         Menyampaikan atau menjelaskan materi layanan.
b)        Tanya jawab tentang materi yang telah disampaikan.
3.    Penutup
a)      Memberi penguatan kepada siswa.
b)      Memberikan tugas kepada siswa untuk memberi kesimpulan tentang materi yang sudah diberikan kemudian barulah disimpulkan secara bersama-sama.
c)      Berdoa dan mengucapkan salam.
1)   Memperhatikan materi yang disampaikan.
2)   Bertanya dan menjawab pertanyaan.
3)   Mengerjakan tugas.
L.      
Pihak Yang Disertakan
-
M.    
Alat dan Perlengkapan
1)   Sepidol
2)   Materi layanan
N.     
Rencana Penilaian

O.     
a.    Penilaian Proses




b.    Penilaian Hasil
1)  Mengamati aktifitas siswa dan partisipasi siswa dalam kegiatan layanan bimbingan.
2)  Menganalisis perkembangan peserta didik setelah pemberian layanan dari waktu ke waktu.
Menganalisis perkembangan peserta didik setelah pemberian layanan dari waktu ke waktu.
P.       
Keterkaitan layanan dengan kegiatan pendukung
IKMS, Buku Pribadi Siswa
Q.     
Rencana Tindak Lanjut
Konseling indifidu, Bimbingan Kelompok

Tegal,    Februari 2014

Mengetahui
                                                                                    Guru Pembimbing



                                                                                                 Kholipatul Atiq
                                                                                    NPM.1111500201                                                                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar